Kamis, 29 Desember 2011


Ketika Harus Berakhir

Termenung sesaat setelah kata-kata itu terlontar
Sekejap hentikan pikiran
Sejenak hentikan harapan
Seakan impian itu berakhir
Aku tak percaya dengan semua itu
Keindahan kita hanya sampai disini
Katamu, janjimu, sumpahmu semua itu tak pernah sejalan dengan kenyataan
Lagi-lagi aku tak percaya, ingin ku hentikan langkah itu
Apa hanya ini ? Hanya seperti ini ? Dengan cara seperti ini ?
Mengertilah tentang semua yang tlah terjadi
Semua yang tlah kita lewati, semua yang tlah kita jalani
Aku tak bisa dan takkan pernah bisa
Terlalu banyak kenangan yang tlah kita ukir
Setiap tempat itu, sepanjang jalan itu ada sesuatu yang terus melekat d’pikiranku
Kuatkan hati mencoba untuk menatap..
Tatapan itu yakinkan diri, bahwa memang benar ada dirinya
Karnanya yang mengharuskan semuanya berakhiir..

Rabu, 28 Desember 2011

Makalah Hubungan Sosiologi, Geografi, dan Sejarah di tinjau dari Konsep Dasar IPS Terpadu



Hubungan Sosiologi, Geografi, dan Sejarah
Ditinjau dari Konsep Dasar IPS Terpadu 





            Disusun untuk memenuhi tugas terstruktur
Mata Kuliah Konsep Dasar IPS II
Dosen Pengampu : Amin Waluyo, M.Pd

Disusun Oleh :
Wiris Erosintia  (40210156)
         PGSD 4

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BUMIAYU
2011



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Model pembelajaran terpadu pada hakekatnya merupakan sistem pendidikan yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996:3). Pada pendekatan pembelajaran terpadu, program pembelajarannya disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun ilmu sosial. Pengembangan pembelajaran IPS terpadu dapat mengambil topik dari salah satu cabang ilmu tertentu kemudian dilengkapi, diperdalam dan diperluas dengan cabang-cabang ilmu yang lain. Misalnya topik “Kegiatan Ekonomi Penduduk”. Kegiatan ekonomi penduduk dapat ditinjau dari kondisi fisik-geografi yang tercakup dalam ilmu Geografi. Secara sosiologis, kegiatan ekonomi penduduk dapat mempengaruhi interaksi sosial dalam masyarakat. Secara historis dari waktu ke waktu kegiatan ekonomi penduduk selalu mengalami perubahan. Salah satu keterpaduan yang bisa dilakukan guru (sesuai dengan filosofi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) adalah memadukan Kompetensi Dasar.
     Namun kali ini akan membahas hubungan sosiologi, geografi, dan sejarah ditinjau dari konsep dasar IPS terpadu.

B.     Rumusan Masalah
1.      Konsep pembelajaran IPS terpadu ?
2.      Hubungan sosiologi, geografi, dan sejarah ditinjau dari konsep dasar IPS Terpadu ?






BAB II
PEMBAHASAN


A.    Konsep pembelajaran IPS terpadu
Model pembelajaran terpadu pada hakekatnya merupakan sistem pendidikan yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996:3). Pada pendekatan pembelajaran terpadu, program pembelajarannya disusun dari berbagai cabang ilmu dalam rumpun ilmu sosial.
Pengembangan pembelajaran IPS terpadu dapat mengambil topik dari salah satu cabang ilmu tertentu kemudian dilengkapi, diperdalam dan diperluas dengan cabang-cabang ilmu yang lain. Misalnya topik “Kegiatan Ekonomi Penduduk”. Kegiatan ekonomi penduduk dapat ditinjau dari kondisi fisik-geografi yang tercakup dalam ilmu Geografi. Secara sosiologis, kegiatan ekonomi penduduk dapat mempengaruhi interaksi sosial dalam masyarakat. Secara historis dari waktu ke waktu kegiatan ekonomi penduduk selalu mengalami perubahan. Salah satu keterpaduan yang bisa dilakukan guru (sesuai dengan filosofi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) adalah memadukan Kompetensi Dasar.

B.     Hubungan sosiologi, geografi, dan sejarah ditinjau dari konsep dasar IPS Terpadu
Ilmu Pengetahuan Soaial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai cabang disiplin ilmu sosial. Hubungan dari sosiologi, geografi, dan sejarah ditinjau dari konsep dasar IPS Terpadu adalah saling berkaitan dan mempunyai keterpaduan yang tinggi. Karena geografi memberikan wawasan yang berkenaan dengan wilayah-wilayah, sejarah memberikan wawasan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau, sosiologi memberikan wawasan yang berkenaan dengan nilai-nilai, kepercayaan, struktur social dan sebagainya.
Dalam memadukan ketiga pelajaran tersebut tergambar jelas dalam Indikator dan Tujuan pembelajaran yang biasa dibuat guru dalam Rencana Pembelajaran. Sehingga tergambar jelas konsep memadukan mata pelajaran IPS nya.
Pembelajaran. Sehingga tergambar jelas konsep memadukan mata pelajaran IPS nya. Sebagai contoh pada materi kelas VII tentang kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha di Nusantara, memadukan dengan mata pelajaran IPS Geografi sangat mudah dan sangat mungkin. Kita bisa memasukkan indikator sebabagi berikut :
1.      Siswa dapatmenunjukkan dalam peta umum letak kerajaan Kutai
2.      Siswa sapat menunjukkan dalam peta khusus letak kerajaan Kutai (jika guru punya atau membuat peta yang hanya berisi letak-letak kerajaan)
3.      Siswa dapat membuat peta dengan ukuran 1 : 100.000 wilayah kerajaan Kutai
Pada materi IPS Terpadu Kelas VII tentang Sungai kita bisa memasukkan keseluruhan materi pelajaran IPS, dengan indikator misalnya :
1.      Siswa dapat menjelaskan oengertian sungai (Geografi)
2.      Siswa dpat menjelaskan peran sungai dalamsejarah perkembangan peradaban Mesopotamia dan Mesir (Sejarah)
3.      Siswa dapat menjelaskan sungai pembentuk budaya masyarakat Banjar dengan kebudayaan sungai (Sosiologi).
Dari contoh tersebut kita tahu bahwa hubungan dari ketiga mapel tersebut (sosiologi, geografi, sejarah) memang berkaitan dan dapat dipadukan. Memang mengajar IPS Terpadu tidak semudah yang kita kira, perlu banyak wawasan agar ketiga mata pelajaran tersebut dapat dipadukan dan dikaitkan. Karena pembelajaran IPS terpadu dalam hal ini diajarkan dengan cara satu topik pembelajaran.


BAB III
PENUTUP

            Dalam mata pelajaran geografi, sosiologi, dan sejarah sangat berhubungan erat ditinjau dari konsep dasar IPS Terpadu. Dalam pembelajaran IPS selalu ada keterkaitan pada mata pelajaran tersebut karena sudah berada dalam satu lingkup.
            Pengembangan pembelajaran IPS terpadu dapat mengambil topik dari salah satu cabang ilmu tertentu kemudian dilengkapi, diperdalam dan diperluas dengan cabang-cabang ilmu yang lain.



DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pembelajaran IPS Terpadu, http://www.depdiknas.go.id
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pembelajaran IPS Terpadu, http://www.depdiknas.go.id
Mulyasa, E. 2006 Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.







Senin, 26 Desember 2011

Hidup..

Hidup tergantung dari mana kita memandang. Memang terkadang terasa berat, terasa sulit tuk d’jalani apalagi dengan masalah-masalah yang slalu datang menghantui. Hidup memang tak selalu sejalan dengan apa yang kita inginkan. Semua itu tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Alangkah pintarnya mereka yang dapat mengolah hati dan pikirannya, apalagi yang mampu bertahan dalam keadaan apapun. Memandang hidup orang lain mungkin mudah, tapi yang kita lihat itu tidak selalu begitu. Bisa saja orang lain mengalami hal yang sama dengan kita. Ketika kita d’hadapakan pada situasi yang sangat menyakitkan terkadang yang terlintas dalam hati adalah melakukan hal-hal yang negatif, ingin pergi jauh meninggalkan semua itu. Bukankah lebih baik kita mendekatkan diri kepada Allah???. Lebih baiknya lagi masalah tersebut bisa membuat kita bangkit, bisa membuat kita sadar kita harus melakukan yang terbaik lagi untuk hidup ini.

Masalah cinta juga sering membuat rumit hidup. Apalagi anak-anak jaman sekarang kalau sudah cinta ya udah gag bisa d’ganggu gugat J. Cobalah berfikir untuk sebuah masa depan, buatlah proses menuju hidup yang kita inginkan itu menjadi bermakna. Memang tak bisa dipungkiri kita juga membutuhkan seseorang yang dapat memberikan perhatiaanya pada kita. Tapii apakah kalian berfikir bila sedang patah hati waktu terbuang dengan sia-sia, untuk meratapi, untuk menangisi hal tersebut? Ayo sobat, buat hidup kita lebih bermakna, jadikan masalah teman kita. Keluarga kalian terutama ayah dan ibu sudah menanti prestasi kita. Kalian akan tau bagaimana ketika mereka tersenyum atas apa yang telah lakukan untuk mereka. Semangat sobat, kalian pasti BISA!!!!!!!

Jumat, 23 Desember 2011

KESENDIRIAN

Kebanyakan orang takut untuk sendirii. Begitupun dengan diriku. Aku tak pernah tau apa yang terjadi saat ini. Ketika aku bertahan, mereka menjauh. Ini memang nyata, tapi aku tak percaya. Benar-benar sulit untuk aku sadari, aku mampu tapi aku tak pernah sanggup. Hanya bisa pasrah pada-Nya. Mungkin ini memang jalan terbaik untuk ku saat ini.
            Mungkin yang ditakutkan dengan kesendirian adalah kesepian dan kesunyian. Sebenernya kita tidak akan merasakan seperti itu, d’sisi lain kita masih punya keluarga, teman, sahabat yang slalu bisa menjadikan semangat hidup buat kita. Memang rasa kesepian mesti ada, apalagi ketika teman atau sahabat kita sibuk dengan kekasih mereka masing-masing. Ada rasa kecemburuan saat mereka jauh dari kita, walaupun kita juga pernah merasakan saat-saat bersama sang kekasih.
            Jujur kesendirianku saat ini tak pernah bisa aku mengerti. Apa arti d’balik semua ini? Ntah aku yang tak bisa menerima yang lain atau memang ini yang namanya takdir. Seolah tak percaya, tapi harus aku percaya. D’balik kesendirianku ini ada kesetiaan yang aku tanamkan. Aku percaya Allah akan mempertemukan aku dengannya d’saat yang tepat. Biarlah aku seperti ini, menikmati masa-masa ini. Perlahan kebiasaan akan bersahabat denganku. Dalam kesendirian ini aku mengerti akan arti cinta yang sebenarnya. Cinta keluarga, cinta teman, cinta sahabat, dan juga cintamu. Kesendirian jugalah yang membuatku selalu dekat dengan_Nya, Allah swt.
            Terimakasih banyak untuk keluargaku, sahabatku mariza, pungki, uyung, zainina. Teman-teman kost’q mba ida, teteh, dewi, delis, ii, dian, dian ratna, dan juga buat semua teman-temanku. Merekalah yang slama ini slalu kuatkanku dalam kesendirian, slalu buatku semangat, dan yang pasti buat aku mengerti tentang hidup. I love u all…