RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi
secara berterima dalam konteks kelas
Indikator : 1.1.1 Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong
1.1.2 Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa
yang didengar dari kaset/CD
1.1.3 Merespon dengan melengkapi dan memperagakan dialog
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa dapat mewarnai gambar sesuai dengan apa yang
didengar dari kaset/CD
3. Siswa dapat melengkapi dan memperagakan dialog
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar
dari kaset/CD
3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
· Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
· Pada halaman tersebut, terdapat dialog-dialog yang perlu dilengkapi.
· Siswa diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
· Pada saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
· Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
· Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan kaset/CD.
3. Kegiatan Penutup
· Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
· Jawaban tidak hanya harus benar, tapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna yang benar.
· Guru meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
· Selama siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
- Teknik: Tes tulis
- Bentuk: Melengkapi dialog
- Contoh instrumen:
Listen and complete the dialogues.
A: Good _________.
B: _________ _________.
a. Teknik: Tes tulis
b. Bentuk: Mewarnai gambar
c. Contoh instrumen:
Listen and colour the pictures.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)
a. Teknik: Unjuk kerja
b. Bentuk: Responding
c. Contoh instrumen:
Listen, complete and act out the dialogues.
A: Hello, I’m Suro.
B: Hi, _________ Joko.
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar